Saturday, April 1, 2017

GAGAL PAHAM_1 CINTA SEJATI BERTABURKAN AIR MATA - PENDERITAAN dan KEMATIAN

YESUS MENANGIS

Suatu Kajian Semiotik dan Semantik Pragmatik

Renungan_1:  Paskah 2017  oleh  John  Wem Haan.   

“Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, IA MENANGISINYA, kata-Nya: 

"Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! TETAPI SEKARANG HAL ITU TERSEMBUNYI BAGI MATAMU.” (Luk. 19:41-42). 
                                              Baca selengkapnya di Lukas 19:28-48 dan Mat. 21.

Bedanya rancangan Allah dari rancangan dan kepikiran manusia membuat banyak kali kita SERING GAGAL PAHAM - dan salah menyikapi dan meresponi karya penyelamatan Allah bagi kehidupan kita. Hal ini yang juga terjadi dengan peristiwa paskah sejak dari awal. Perkatan Tuhan Yesus dalam kutipan nats di atas jelas menunjukan kenyataan ini. Tuhan menyampaikan pernyataan itu sambil MENANGIS di saat Dia memasuki kota Yerusalem untuk selanjutnya ditangkap,diadili dan disalibkan – mati bagi kita.
Paskah diawali dengan minggu palma, minggu Tuhan Yesus menyerahkan dirinya dengan datang ke kota Yerusalem secara terang-terangan untuk selanjutnya DIKORBANKAN SEBAGAI ANAK DOMBA ALLAH.

Sedikit catatan sejarah,- saat-saat itu, yaitu disekitar penderitan dan kematian Tuhan Yesus, bangsa Yahudi (ibukotanya Yerusalem) dalam penjajahan bangsa Romawi dan sedang menantikan seorang raja yang mampu membebaskan mereka dari penjajah dan menjadi raja buat mereka. Tokoh dan pejuang politik mereka – Barabas – telah ditangkap dan dipenjarakan. Sementara itu berita-berita tentang Tuhan Yesus membuat kaum Yahudi percaya bahwa Yesus - sang Mesias - itu lah Raja yang sedang dinantikan. 

Sebelum kedatangan Yesus ke kota Yerusalem, berita tentang kedatangan-Nya ke kota itu telah menyebar sebegitu cepatnya sehingga saat itu ribuan orang Yahudi dan non-Yahudi telah berkumpul memadati kota Yerusalam untuk menyambut Dia UNTUK menobatkan Dia menjadi raja. Barabas sendiri merasa sangat bahagia mendengar berita kedatangan Yesus dan dari balik tembok penjara, ikut aktif mengendalikan persiapan penobatan Tuhan Yesus menjadi raja. ISTANA RAJA disiapkan di kota Yerusalem termasuk TONGKAT dan MAHKOTA raja, Dan kedatangannya ke kota Yerusalem saat itu disambut dengan sangat meriah. Jalan yang dilalui Yesus ditaburi dengan daun-daun palma, bahkan juga pakaian dihamparkan ke jalan yang dilalui Yesus (Mat.21:8; Luk.19:36) sambil berseru antara lain ….: "Diberkatilah Dia yang datang sebagai Raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!" (Luk 19:38).

               Situasi ini agak mirip dengan suasana paskah di tahun-tahun terakhir, sekarang. ini.

Nah, kenapa Tuhan Yesus menangis di saat memasuki kota Yerusalem pada waktu itu dan berkata:

"Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! TETAPI SEKARANG HAL ITU TERSEMBUNYI BAGI MATAMU.”.

CINTA YESUS BUAT ANDA DAN SAYA TIDAK TERBATAS HANYA PADA HARTA dan KEDUDUKAN DUNIAWI yang hanya dapat dilihat oleh mata tubuh. ADA RANCANGAN ALLAH YANG LEBIH MULIA dan LEBIH AGUNG dari HARTA DAN KEDUDUKAN DI DUNIA FANA INI. Rancangan Allah seperti ini banyak kali sulit dijangkau dengan akal dan kepikiran manusiawi. 

“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” (Yes. 55:8-9).

Yesus memang raja tapi BUKAN RAJA DI DUNIA FANA ini dan juga bukan hanya untuk bangsa Yahudi/ orang "kristen" (umat institusi gereja buatan manusia) tetapi RAJA SEGALA RAJA bagi seluruh umat manusia. Istananya dan kerajaanNya, termasuk tongkat dan makotaNya adalah KEKAL – alfa dan omega.  Selama berada di dunia ini, istanaNya (termasuk gedung gereja dan mimbarnya) adalah ......

… "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." ( Luk_9:58). 

..... artinya: DIA HADIR  dan MELAYANI dalam CINTA SEJATI-NYA di DUNIA NYATA - DI TENGAH-TENGAH PERGUMULAN UMAT MANUSIA. DIA MENANGIS karena IKUT MERASAKAN KEMISKINAN, KEBODOHAN, LAPAR, HAUS dan SAKIT serta PENDERITAAN UMAT MANUSIA. DIA TIDAK 'BERSEMBUNYI' DI BALIK MIMBAR. Gedung gereja megah saja dia tidak punya. DIA hanya ada dan HADIR DI LADANG, ikut merasakan penderitaan para petani, DIA HADIR DI LAUT/ DANAU, ikut bergumul bersama para nelayan, DIA HADIR DI PADANG di antara orang lapar - DIA HADIR DALAM SETIAP PERGUMULAN UMAT MANUSIA yanga adalah GEREJA YANG SESUNGGUHNYA - TUBUH-NYA SENDIRI, yang PATUT DIBANGUN, DIRAWAT DAN DISELAMATKAN dari kebodohan, kemiskinan dan kematian kekal. Dia ikut memikul beban, behkan mengambil alih beban penderitaan dan kematian akibat kutuk dosa ....(baca Kej. 3:15-19).

Coba renungkan: Bait Allah disuruhNya untuk dibongkar dan DIA AKAN MEMBENGUNNYA KEMBALI dalam waktu tiga hari. (Gedung) GEREJA (bait Allah) APA YANG DIA MAKSUDKAN dan DENGAN CARA APA  BAIT ALLAH TERSEBUT AKAN DIBANGUNNYA DALAM TEMPO TIGA HARI?

MAKOTA MISI yang telah disediakan Bapa bagi Dia di saat Dia ada di dunia ini adalah MAKOTA DURI dan tongkatnya adalah SALIB. Ini semua yang harus diterimanya sebagai ANAK DOMBA ALLAH yang siap disembelih bagi penebusan dosa manusia (yes.53) -Thus, bagi pembanguan Bait Allah yang sesungguhnya. Dia sempat berusaha untuk menghindarinya tapi dengan penuh kepasrahan kepada KEHENDAK BAPANYA. 

…. :"Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Mat_26:39).


Jadi rhema dan pesan paskah buat kita semua adalah agar janganlah kita mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah dan sering terjadi dalam kita meresponi karya penyelamatan yang telah dan sedang dikerjakan Allah bagi kita. PANDANGLAH RANCANGAN ALLAH YANG BESAR – TENTANG KERAJAAN-NYA YANG KEKAL DI SEBRANG SANA. KITA BUKAN DARI DUNIA YANG FANA INI TAPI KITA ADALAH DUTA-DUTA KERAJAANNYA. SEBAGAI DUTA KITA PUNYA TUGAS DI BUMI INI. Dan untuk mencapai kerajaanNya ini, kita perlu bayar harga – ADA TUGAS YANG PERLU DISELESAIKAN. Pertanyaannya adalah apakah kita sedang mengerjakan tugas kita sebagai Duta kerajaan itu dengan mengikuti teladan hidup serta teladan cinta-kasih dan pelayanan Kristus?  

".... JANGANLAH SESAT tapi …
“.... Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” (Filipi 2:5-8)

 Janganlah kiranya kebenaran injil tersembunyi bagi mata kita karena tertutup oleh harta, kedudukan dan kesombongan serta kemeriahan (pesta-pora - ceremonial) duniawi yang akhir-akhir ini cukup deras juga mengerogoti makna dan nilai paskah dalam setiap perayaan paskah.

"Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! TETAPI SEKARANG HAL ITU TERSEMBUNYI BAGI MATAMU.” (Luk. 19:41-42).    
Anda mau menyaksikan    Kasih sejati Yesus? Anda bisa juga menyaksikannya dengan lagu ini (silahkan click!)

                                            ....  KASIH YESUS LEBIH DARI SEMUA ....



Nantikan ranungan paskah berikutnya dengan Tema: ANTARA MAKNA-NILAI PASKAH dan JERIT TANGIS JEMAAT/ MASYARAKAT  di PROPINSI TERMISKIN

John Haan, bersama keluarga dan komunitas Sekolah Kristen Agape Indah, ucapkan: 
                   SELAMAT MENYONGSONG PASKAH BUAT SEMUA. God bless.

Anda mau membantu kami membangun 'bait Allah-bait Allah mungil'; atau memberi 'bait Allah mungil' yang dipercayakanNya kepada anda  untuk kami bangun bersama anda? Penjelasan selengkapnya,  click ...

                                     DI SINI

No comments:

Post a Comment